model tangga
model tangga

Tips Merancang Model Tangga Rumah Minimalis 2 Lantai

Posted on

Apakah Anda memiliki rumah minimalis dengan 2 lantai? Tentunya untuk menghubungkan antara lantai 1 dan lantai 2 membutuhkan penghubung yakni tangga. Namun, tangga yang dipilih tentu saja tak bisa sembarangan. Perlu dipikirkan konsep agar tangga serasi dengan rumah. Kali ini akan dibahas dengan tips merancang model tangga rumah minimalis 2 lantai.

Tips Merancang Model Tangga Rumah Minimalis 2 Lantai

Tangga yang minimalis bukan berarti tangga yang dibuat tanpa perhitungan. Justru agar bisa berfungsi dengan baik dan tetap serasi dengan rumah, tentu perlu perhitungan yang matang. Diperlukan instalasi, perancangan hingga finishing yang tepat untuk menciptakan model tangga yang bagus. Inilah beberapa trik untuk membuat model tangga rumah minimalis 2 lantai.

  1. Variasi Ukuran

Meski dibuat pada rumah dengan konsep minimalis, bukan berarti tangga pun harus berukuran kecil. Bisa pula dengan melakukan variasi pada ukuran tangga. Biasanya, anak tangga memiliki lebar yang sama. Cobalah untuk membuat anak tangga dengan lebar yang berbeda. Selain itu, upayakan agar tangga terintegrasi dengan rak di area mezanin. Dijamin paduan ini akan menghasilkan pola yang apik. Tangga pun akan menjadi pemanis ruangan.

  1. Kreasi Dengan Railing

Railing biasanya digunakan sebagai eleman yang menjaga keamanan pengguna tangga. Meski tak ada aturan baku terkait dengan railing, umumnya railing tangga dipasang sejajar dengan anak tangga. Cara lain untuk membuat tangga semakin unik adalah dengan menggunakan tiang besi vertikal. Selain menambah tingkat keamanan, akan muncul tampilan yang fantastis.

  1. Tangga Model Penguin

Ingin mencoba model tangga rumah minimalis 2 lantai lain? Tangga penguin atau lebih sering dikenal sebagai tangga split merupakan tangga dengan anakan yang dibuat secara berselang-seling sehingga menonjolkan kesatuan struktur, fungsional dan bentuk yang menarik. Tangga jenis ini terasa nyaman, aman serta menghemat ruang. Jika membutuhkan tambahan pengaman, bisa ditambahkan handrail pada tangga.

  1. Pemilihan Material

Jika Anda ingin tangga menjadi elemen yang mencolok pada rumah minimalis Anda, gunakan desain yang tidak biasanya. Bisa dengan menggunakan anak tangga berupa papan horizontal dari berbagai bahan. Balok kayu yang digunakan untuk menjadi unsur rustic yang memperkaya rumah Anda. Jika Anda tidak terlalu menggemari bahan kayu, bisa digunakan bahan beton yang menghasilkan tampilan kontemporer.

  1. Tangga Multifungsi

Sebagai rumah minimalis, tentunya setiap hal yang ada di rumah harus memiliki fungsi. Begitu pula dengan tangga. Untuk menghemat tempat, tangga bisa dibuat agar bisa berfungsi pula sebagai rak. Model tangga seperti ini akan menggabungkan unsur fungsional serta desain. Dengan perencanaan yang matang, maka akan terbentuk tangga yang berfungi pula sebagai penyimpanan. Agar fungsinya lebih maksimal, bisa dibuat penyimpanan berupa laci-laci di anakan tangga. Rak bisa digunakan untuk menyimpan berbagai printilan kecil.

  1. Pencahayaan

Model tangga rumah minimalis 2 lantai bukan berarti terkesan sepi dan muram. Jika tangga tetap dibuat simpel tanpa banyak ornamen, Anda bisa memperindahnya dengan tambahan lampu. Berikan sentuhan pada tangga dengan adanya lampu backlight yang diletakkan di bawah tangga. Dijamin, tangga akan menjadi salah satu area yang manis di rumah Anda.

Itulah tips dalam merancang model tangga rumah minimalis 2 lantai. Apapun ide Anda, sesuikan dengan konsep rumah ya agar tidak bertabrakan. Pertimbangkan pula keberadaan tangga dalam sebuah rumah agar terlihat pas. Selamat mencoba.

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *