desain rumah pondasi
desain rumah pondasi

Macam Pondasi Rumah 2 Lantai

Posted on

Untuk membangun sebuah rumah yang kokoh, tentunya hal utama yang harus diperhatikan adalah kualitas pondasi rumah itu sendiri. Ada banyak macam pondasi yang bisa digunakan seperti pondasi rumah 2 lantai tanpa batu kali. Cara membuat pondasi rumah tanpa batu kali untuk desain tingat 2 atau lantai 2, harus menggunakan tips yang sesuai dengan prosedur pembangunan.

Penggunaan pondasi rumah 2 lantai tanpa menggunakan batu kali sangat umum digunakan untuk membangun sebuah rumah, terutama pada era sekarang. Ada beberapa jenis pondasi tanpa menggunakan batu kali dengan desain dan kegunaan yang berbeda-beda. Tujuan pembuatan pondasi memang harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan bangunan.

Jenis Pondasi Rumah Tanpa Batu Kali

Ada berbagai macam jenis pondasi rumah yang dibangun tanpa menggunakan bahan batu kali sebagai penguatnya. Pondasi tersebut berupa :

  1. Pondasi jenis piers

Pondasi piers merupakan salah satu jenis pondasi yang ditanam menggunakan beton bertulang jenis pre cast di tanah yang dalam. Cara kerja pondasi piers yaitu untuk menahan beban berat struktural disuatu jenis bangunan rumah. Pondasi ini sama sekali tidak menggunakan batu kali. Harga juga menjadi kelebihan untuk pondasi yang satu ini karena tergolong murah.

  1. Jenis pondasi rakit

Macam jenis pondasi rumah 2 lantai tanpa batu kali lainnya yaitu pondasi rakit. Apa itu pondasi rakit? Desain pondasi ini dibuat dari beton besar dan besi-besi yang dirakit sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah pondasi yang kokoh. Jenis pondasi ini juga bisa diaplikasikan pada keadaan tanah lembek atau lunakdengan jarak kolom ke semua arah.

  1. Jenis Pondasi tikar

Hampir sama dengan namanya, pondasi tikar mempunyai desain yang lebih lebar dan luas serta dirakit dengan besi-besi yang terlihat seperti tikar. Fungsi dari pondasi tikar yaitu untuk menyebarkan beban struktural untuk lahan atau bagian yang luas. Manfaat yang didapatkan jika menggunakan pondasi jenis ini yaitu dapat diaplikasikan pada tanah longgar atau lunak. Selain itu, pondasi tikar juga dapat mengurangi kegiatan penurunah area setempat karena plat beton dapat menyeimbangkan.

  1. Pondasi beton lajur

Apabila luas penampang pondasi sisekitar rumah terlalu besar, maka solusinya yaitu menggunakan pondasi beton pelat lajur. Cara kerja yang digunakan yaitu dengan menambah panjang lajur penampang supaya tidak kelebaran. Jenis pondasi beton pelat lajur sangat cocok jika digunakan untuk bangunan 2 lantai karena kokoh dan tidak mudah ambruk. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk jenis pemasangan pondasi ini juga relatif murah.

  1. Jenis pondasi tapak

Jenis pondasi tapak paling bagus untuk desain pembuatan rumah dengan 2 laintai yang berukuran tinggi karena dapat ditanam pada tanah lunak atau lembek. Cara membuat pondasi tapak yaitu dengan membuat beton bertulang yang diletakkan di bawah kolom persis. Pondasi juga dapat mencapai tanah keras tanpa menggunakan batu kali. Pondasi jenis tapak juga lebih baik dari jenis pondasi menggunakan batu kali. Biaya dan harga yang dibutuhkan juga tidak terlalu mahal setara dengan jenis pondasi lajur.

Jenis pondasi rumah 2 lantai tapa batu kali di atas sangat cocok untuk jenis bangunan yang berukuran tinggi dengan kriteria rumah 2 lantai. Selain itu, Anda juga hrus memperhatikan bahan-bahan bangunan yang digunakan. Pastikan bahan bangunan seperti beton, besi dan lain-lainnya mempunyai kualitas bahan yang baik. Karena bahan yang baik akan mempengaruhi kualitas bangunan yang dibuat.

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *