Membangun rumah dengan hebel

Alasan Membangun rumah Dengan Hebel Kini Lebih Direkomendasikan

Posted on

Membangun rumah dengan hebel kini menjadi semakin dipilih. Tidak hanya di perkotaan saja, kini di desa-desa pun sudah banyak yang memilih hebel atau bata ringan ini. Tentunya hal semacam ini bukan tanpa alasan.

Nah, untuk Anda yang ada niatan ingin membangun rumah, bata hebel ini bisa Anda pertimbangkan. Meskipun demikian, penting juga untuk tahu apa saja keunggulan dari bata ringan ini.

Ingat, apa yang Anda lakukan ini bukan perkara yang kecil. Apalagi hal ini berkaitan dengan material utama dinding rumah. Jangan sampai pilihan Anda membangun rumah dengan hebel adalah keputusan yang nantinya Anda sesali.

Jenis Bata Hebel

membangun rumah menggunakan bahan hebel

Pasir, semen, gypsum, kimia busa, kapur pasta aluminium, dan air adalah bahan materi utama untuk membuat hebel. Di era sekarang, bata hebel menjadi jenis bata yang paling banyak dipilih.

Apalagi bata hebel ini dikenal memiliki harga yang lebih terjangkau. Selain itu bobotnya pun bisa dikatakan lebih ringan. Di pasaran sendiri, paling tidak ada dua jenis bata hebel yang sering digunakan. Kedua jenis bata ringan tersebut adalah:

  1. Bata Hebel AAC (Autoclaved Aerated Concrete)

Ciri utama dari bata hebel AAC ini adalah warnanya putih dan bobotnya lebih ringan. Sementara itu material utama untuk membuat bata hebel AAC adalah pasir kuarsa, kapur, semen, aluminium pasta, sedikit gypsum, dan air.

  1. Bata Hebel CLC (Cellular Lightweight Concrete)

Ciri utama bata hebel CLC ini berwarna abu-abu. Sementara itu bobotnya pun lebih berat jika dibandingkan bata hebel CLC. Sementara itu proses produksinya menggunakan busa organik. Berbeda dengan bata hebel CLC, tidak ada reaksi kimia pada saat proses pencampurannya.

Keunggulan Bangun Rumah dengan Hebel

Sudah pasti bukan tanpa asalan kenapa kini membangun rumah dengan hebel lebih banyak dipilih. Berbicara mengenai keuntungan membangun rumah dengan bata ringan, inilah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan:

  1. Memiliki Ketahanan Sekuat Beton

Alasan utama kenapa kini banyak yang menggunakan hebel adalah memiliki ketahanan yang sangat baik. Bahkan bisa dikatakan sekuat beton. Hal ini dikarenakan material pembuat hebel sama dengan beton. Bahkan hebel di klaim memenuhi ketahanan bahan bangunan anti gempa.

  1. Insulator Terbaik

Hebel dikatakan mampu melindungi bangunan secara utuh. Alasannya adalah pori-pori pada permukaan hebel bisa menurunkan berat massa bata sehingga mampu menyerap panas udara yang berasal dari luar bangunan. Sehingga suhu dingin di dalam ruangan bisa dipertahankan.

  1. Proses Pemasangan Hebel Lebih Mudah dan Cepat

Dibanding dengan jenis bata lainnya, proses pemasangan hebel di klaim lebih mudah dan cepat. Hal ini dikarenakan bata ringan ini memiliki dimensi yang lebih presisi, yakni 2mm per bata. Selain itu hebel memiliki tingkat kerataan permukaan yang sangat baik. Di tambah lagi bobotnya yang lebih ringan.

  1. Finishing Dinding lebih Mudah dan Cepat

Hebel memiliki tekstur permukaan yang rata dan halus. Makanya tidak butuh perlapisan yang tebal pada permukaannya. Itulah kenapa proses finishing dinding bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

  1. Menghemat Budget Bangun Rumah

Membangun rumah dengan hebel disebut mampu menekan budget. Bukannya harga satuan hebel justru lebih mahal? Utamanya jika dibandingkan dengan harga bata merah?

Memang seperti itu adanya. Namun jika menggunakan hebel Anda bisa menekan budget memplester rumah sampai dengan 50%. Di samping itu, dikarenakan proses pemasangan hebel lebih mudah dan cepat, pastinya bisa menghemat biaya harian untuk tukang bangunan.

Jadi itulah ulasan singkat tentang bata hebel atau bata ringan. Jenis bata yang kini menjadi pilihan utama masyarakat di Indonesia. wajar saja apalagi jika melihat keuntungan membangun rumah dengan hebel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *