rumah yang sehat

Langkah untuk Ciptakan Rumah yang Sehat dan Nyaman

Posted on

Rumah yang sehat dan nyaman sudah pasti menjadi dambaan setiap orang. Namun semua itu sudah pasti butuh diusahakan. Paling tidak usaha tersebut harus sudah dimulai pada proses pembangunannya.

Bukannya rumah sehat dan nyaman bisa diupayakan setelah rumah selesai di bangun. Misalnya dengan menaruh berbagai jenis tanaman pembersih udara di setiap sudut rumah. Atau mungkin dengan desain interior yang tepat agar nyaman dihuni.

Memang hal seperti itu pun harus dilakukan. Utamanya ketika ingin menciptakan rumah yang sehat dan nyaman. Namun tindakan seperti itu bisa dibilang masih belum maksimal. Sebab untuk membuat rumah sehat dan nyaman, harus sudah dimulai saat proses pembangunannya.

Persyaratan Rumah Sehat

Sudah tahukah Anda apa persyaratan dari rumah sehat. Menurut American Public Health Association, rumah sehat harus memenuhi persyaratan sebagai berikut ini:

  1. Memenuhi Kebutuhan Fisiologis
rumah sehat

Kebutuhan fisiologis dalam hal ini meliputi pencahayaan, ventilasi atau penghawaan, ruang gerak cukup, serta terhindar dari kebisingan atau suara yang mengganggu.

  1. Memenuhi Kebutuhan Psikologis

Kebutuhan psikologis yang harus dipenuhi dalam hal ini adalah nyaman dan aman untuk setiap penghuninya. Memiliki privasi yang cukup. Kemudian adanya komunikasi yang sehat antar penghuni rumah. Yang terakhir adalah lingkungan rumah memiliki tingkat ekonomi relatif sama.

  1. Terhindar dari Potensi Penularan Penyakit

Dalam hal ini rumah harus memiliki penyediaan air bersih, pengelolaan air limbah rumah tangga dan tinja, bebas vektor penyakit, bebas tikus, cukup sinar matahari, kepadatan rumah tidak berlebihan, dan terlindunginya makanan dan minuman dari pencemaran.

Cara Mudah Ciptakan Rumah Sehat

Untuk menciptakan rumah yang sehat, Anda bisa mengacu pada kriteria rumah sehat menurut Kemenkes. Nah, untuk menciptakannya harus dimulai dari proses pembangunan rumah itu sendiri. Dalam hal ini adalah pemilihan material bangunan yang tepat.

Dalam hal ini, material bangunan tidak boleh terbuat dari bahan yang dapat menjadi sarang mikroorganisme patogen. Bahan bangunan dengan sifat lembap bisa menjadi tempat favorit mikroorganisme patogen ini untuk tumbuh kembang. Salah satu contohnya adalah batu alam.

Kenapa demikian? Batu alam dikenal mudah lembap. Selain itu juga mudah ditumbuhi juga oleh berbagai lumut. Oleh sebab itu penggunaan batu hebel atau bata bata sangat direkomendasikan. Apalagi keduanya pun sudah menjadi standar sebuah konstruksi bangunan di Indonesia.

Apalagi kedua bahan bangunan tadi pun merupakan terbuat dari bahan material yang tidak membahayakan. Ditambah lagi baik hebel maupun bata memiliki kandungan debu total yang rendah. Maka dari itu sangat aman untuk pernapasan.

Kemenkes juga menganjurkan untuk menggunakan lantai yang kedap air. Selain itu pilihlah lantai yang mudah dibersihkan. Sebab jika lantai tidak kedap air, bisa berdampak cukup buruh untuk kesehatan penghuninya. Sebab telapak kaki yang dingin berpotensi menyebabkan rematik.

Cara Mudah Ciptakan Rumah yang Nyaman

Pada dasarnya ketika Anda memiliki rumah yang sehat secara otomatis rumah tersebut akan nyaman untuk dihuni. Artinya untuk membuat rumah nyaman, buatlah rumah sehat. Dengan demikian secara otomatis pun rumah Anda akan nyaman untuk dihuni.

Sekarang tugas Anda tinggal membuat rumah sehat. Persyaratan rumah sehat pun sudah dijelaskan di sini. Artinya Anda tinggal mengaplikasikannya saja. Dan itu tidah harus mahal. Anda bisa gunakan bahan yang kuat tapi terjangkau. Seperti yang kebanyakan orang lakukan dengan menggunakan bahan hebel.

Namun yang harus diingat adalah untuk menciptakan rumah yang sehat harus sudah dimulai pada saat proses pembangunannya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *