bangun rumah di tanah gerak

Trik Bangun Rumah di Tanah Gerak agar Kokoh dan Tahan Lama

Posted on

Bangun rumah di tanah gerak harus direncanakan dengan sangat tepat. Apalagi tanah bergerak sebenarnya jenis tanah yang kurang bagus untuk dibangun sebuah bangunan di atasnya. Namun apa mau dikata. Tanah yang Anda miliki adalah jenis tanah seperti ini.

Meskipun demikian, Anda tidak perlu merisaukannya. Soalnya semua itu bisa dicari solusinya. Artinya membangun hunian di tanah gerak pun tetap bisa kokoh dan tahan lama. Namun sudah pasti ada teriknya tersendiri.

Sebab dengan berbagai trik tertentu, jenis tanah seperti ini akan tetap bagus untuk dibangun sebuah hunian di atasnya. Nah, jika memang bisa seperti itu, lalu seperti apa trik bangun rumah di tanah gerak?

Fondasi yang Cocok Tanah Gerak

Ciri utama dari tanah gerak adalah saat musim hujan tanahnya seolah-olah menyatu. Tetapi setelah musim kemarau datang, kondisi tanah akan berubah 1800. Tanahnya akan retak-retak. Pada kondisi yang lebih parah keretakannya bisa mencapai 15 cm. Bahkan untuk daerah tertentu, kedalaman retakan bisa mencapai 1,50 m.

bangun rumah di atas tanah yang bergerak

Melihat karakteristiknya saja tentunya Anda sudah bisa menilainya. Kira-kira akan seperti apa jika di atasnya dibangun sebuah rumah atau bangunan. Namun ternyata semua itu ada solusinya. Artinya bangun rumah di tanah gerak ini pun masih bisa dilakukan.

Agar rumah yang dibangun di atas tanah gerak bisa kokoh dan tahan lama, bisa dimulai dengan pemilihan jenis fondasi yang tepat. Untuk jenis tanah gerak, tampaknya fondasi cakar ayam bisa menjadi pilihan terbaiknya.

Kenapa fondasi cakar ayak menjadi rekomendasi pertamanya? Sebab jenis fondasi ini memang pada awalnya dirancang untuk bangunan yang dibangun di atas tanah gerak, lembek, berlumpur atau lahan gambut.

Meskipun kini mengaplikasikan fondasi cakar ayam sering diaplikasikan pada semua jenis tanah. Jika di tanah gerak saja bisa kuat, apalagi jika diaplikasikan pada jenis tanah yang padat. Sudah pasti hasilnya akan lebih bagus lagi.

Bata Hebel untuk Bangun Hunian di Tanah Gerak

Untuk bangun rumah di tanah gerak, pemilihan batanya pun harus dipilih yang tepat. Dalam hal ini bata hebel lebih direkomendasikan dibanding Anda memilih bata merah. Kenapa? Sudah sangat jelas hal ini berkaitan dengan berat bata itu sendiri.

Secara berat, bata hebel lebih ringan dari bata merah. Itulah kenapa bata hebel ini sering disebut dengan bata ringan. Ingat, meskipun fondasi rumah sudah terbukti kokoh dan tahan lama, namun tetap saja hunian Anda di bangun di atas tanah yang kurang mendukung.

Oleh sebab akan lebih baik jika bata yang digunakan memiliki berat yang lebih ringan. Apalagi meskipun beratnya lebih ringan, namun bata hebel memiliki kekuatan menyerupai beton. Sudah pasti tingkat kekohohannya pun tidak bisa dipertanyakan lagi.

Di sisi lain, untuk memasang bata hebel ini tidak menggunakan pasir. Berbeda dengan bata merah yang menggunakan pasir. Ingat, pasir sendiri juga menyumbang berat yang tidak sedikit. Artinya beratnya bisa dua kali lipat jika dibandingkan dengan tembok yang dibuat dari bata hebel.

Dengan pemilihan jenis fondasi yang tepat, serta didukung dengan jenis bata yang tepat pula, menjadi mungkin membangun hunian di tanah gerak bisa tetap kokoh dan tahan lama. Keuntungan lain jika menggunakan bata hebel ini adalah budget bangun rumah di tanah gerak bisa lebih hemat.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *