Biaya Bangun Rumah 2 Lantai Sederhana

Posted on

Bagi sebagian orang, bisa memiliki rumah dengan 2 lantai merupakan pencapaian yang membanggakan. Sebelum melalukan pembangunan dan menambahkan interior rumah minimalis, pastikan menghitung besarnya anggaran yang perlu dipersiapkan. Tak hanya sebagai langkah pencegahan, namun hal ini akan membantu pengeluaran agar tidak terlalu bengkak. Berikut  rancangannya.

Besaran Biaya yang Perlu Dipersiapkan

1. Biaya Bahan Bangunan

Bahan bangunan yang digunakan untuk membangun lantai 1 dan lantai 2 jelas berbeda, sehingga jumlah pengeluarannya sendiri tidak bisa disama ratakan begitu saja. Bahan baku yang diperlukan untuk 1 lantai terdiri dari pondasi, struktur, atap, kusen jendela dan pintu, dinding, pengecatan rumah, dan lantai. Sedangkan bahan bangunan yang harus dipersiapkan juga tak kalah banyak.

Berbagai bahan bangunan yang harus dipersiapkan seperti cakar atam, batako, genteng, konstruksi baja ringan, besi beton kombinasi, kayu meranti, keramik, dan tidak ketinggalan yaitu cat. Jika diperkirakan, bahan bangunan per meternya saja sudah harus mengeluarkan 3 jutaan lebih. Dan perlu diingat bila besaran anggaran tersebut, belum termasuk interior rumah minimalis dan bahan bangunan lantai 2.

2. Membuat Rumah Sesuai Kebutuhan

Jangan memaksakan antara keinginan dan kebutuhan, mengingat besaran anggaran yang harus dikeluarkan cukup besar. Disesuaikan dengan kemampuan finansial, menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan agar proses pembangunan tidak berhenti di tengah jalan. Dengan mengesampingkan ego, justru anda bisa memperoleh rumah idaman sekaligus terjaganya ekonomi keluarga.

3. Memperhitungkan Luas Bangunan

Setelah mengetahui kebutuhan dalam pembangunan hunian, secara langsung anda mengerti luas bangunan yang diperlukan. Sebab, luasnya lahan yang digunakan perpengaruh pada besaran anggaran yang harus dikeluarkan. Semakin luas lahan yang akan dibangun, maka anggaran yang harus dikeluarkan akan semakin tinggi.

Selain itu, biaya pembangunannya sendiri dihitung berdasarkan dari sistem m2. Contohnya saja harga per meter persegi dari bangunan sekitar 2 juta rupiah untuk membangun bangunan tipe 36/75, maka total dana yang harus dipersiapkan sudah mencapai 72 jutaan rupiah. Jika ditambahkan biaya membeli tanah beserta interior rumah minimalis, kemungkinan perlu menyiapkan dana 300 jutaan.

4. Mengetahui Besaran Ongkos Jasa Tukang

Tak bisa dilakukan sendiri, oleh karenanya jangan lupa untuk menghitung besaran anggaran ketika menyewa jasa tukang bangunan. Berkat jasa mereka, anda bisa mewujudkan rumah minimalis yang diidamkan sejak lama. Dibutuhkan tukang dengan keterampilan khusus beserta asisen pembantu pekerjaan, dimana besaran harga setiap tukangnya mungkin saja berbeda satu sama lain.

Hal yang tidak boleh dilupakan yaitu banyaknya tukang harian yang akan disewa. Apabila mempekerjakan 9 orang tukang beserta satu asisten saja, anda harus merogoh kocek sekitar 1 jutaan lebih. Agar pekerjaan berjalan lancar, akan ada seorang mandor yang bertugas dengan upah mencapai 150 ribuan per hari. Jika ditotalkan, kemungkinan dalam sehari bisa mengeluarkan dana jutaan rupiah.

5. Menyiapkan Biaya Tak Terduga

Jangan bersenang hati terlebih dahulu ketika mengetahui masih adanya anggaran lebih. Silahkan sisihkan anggaran tersebut atau langsung alihkan menjadi biaya tak terduga, yang hanya dikeluarkan ketika dibutuhkan saja. Terdengar sepele, namun biaya ini perlu untuk dipersiapkan bahkan sebelum pembangunan dilakukan.

Apa yang membuat biaya tak terduga ini penting untuk dimiliki ? Alasan paling utamanya tentu saja sebagai langkah pencegahan, agar tidak terkejut ketika membutuhkan tambahan dana. Umumnya biaya tak terduga tersebut digunakan sebagai interior rumah minimalis seperti pembangunan taman, dapur, ataupun pengisian properti ruang tamu. Mempunyai rumah hingga 2 lantai tentu saja membutuhkan dana yang lebih besar. Banyaknya bahan material yang digunakan, menjadi salah satu alasan tingginya pengeluaran yang harus dikeluarkan. Oleh karenanya, anda perlu berhati hati dan tidak gegabah ketika ingin membangun rumah impian. Salah satu langkah yang bisa dilakukan dengan membuat rancangan biaya pembangun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *