Ventilasi Udara Di Atap Rumah

Posted on

Bertempat tinggal di daerah tropis seperti Indonesia, maka gaya arsitektur serta interior rumah minimalis harus disesuaikan dengan kebutuhan. Tujuan utama dari penyesuaian ini, agar lebih mudah beradaptasi dengan situasi alamnya yang cenderung panas dan lembab. Ditambahkannya ventilasi udara yang berada di atap hunian, menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan. Berikut manfaat adanya ventilasi di setiap rumah.

Segudang Manfaat Adanya Ventilasi yang Ada Di Atap Hunian

1. Menghilangkan Gas Sisa

Setiap manusia akan mengeluarkan sisa energi yang berasal dari hasil pembakaran setiap harinya. Contoh paling mudahnya yaitu keluarnya karbon dioksida ketika sedang bernafas, aroma pembersih rumah, asap rokok dan masih banyak lainnya. Dengan adanya ventilasi, maka gas gas sisa tersebut akan menghilang lantaran sirkulasi udara yang silih berganti. Ketika kualitas udara di dalam ruangan memadai, maka kesehatan tubuh akan terjaga.

2. Mengurangi Kelembapan Udara

Salah satu faktor yang membuat hunian terasa pengap dan terasa tidak nyaman yaitu tidak adaya ventilasi. Ketika tidak ada lubang untuk pertukaran udara, tentu saja penghuni rumah merasa kurang nyaman dan terasa lembab terus menerus. Tidak ada kerugian ketika menambahkan interior rumah minimalis ini, bahkan justru memudahkan cahaya untuk masuk ke dalam ruangan untuk mengurangi kelembapan.

3. Lebih Hemat Energi

Sudah bukan menjadi rahasia lagi apabila masyarakat Indonesia, sebagian besar tidak bisa dipisahkan dengan berbagai barang elektorinik yang bisa menurunkan suhu. Untuk bisa menggunakan seperangkat alat tersebut, tentu saja dibutuhkan energi listrik. Semakin sering penggunaanya, maka anggaran yang dikeluarkan akan terus membengkak. Namun siapa sangka bila kehadiran ventilasi ini tak kalah mujarab seperti kipas angin maupun AC.

Mendapatkan udara segar dari alam secara langsung, anda bisa merasakan kesejukan luar biasa ketika menambahkan ventilasi di bagian atap rumah. Karena mendapatkan udara langsung dari alam, bisa dikatakan bila kualitas udara yang dihirup lebih sehat dan aman. Selain itu, anda juga bisa menekan pengeluaran untuk membayar tagihan listrik yang terlalu berlebihan. Kini, setiap penghuni rumah akan merasa nyaman dan betah berada di rumah.  

4. Menghilagkan Uap Air

Ketika sang penghuni rumah tengah melakukan kegiatan seperti memasak ataupun mandi, tanpa disadari ada uap air yang terperangkap di dalam rumah. Agar uap tersebut tak lagi terjebak, maka peran ventilasi pun bertugas untuk menghilangkannya. Dengan bantuan interior rumah minimalis ini, pertukaran udara pun berjalan dengan lancar dan udara di dalam ruangan akan tetap netral. Oleh karenanya, anda sering menemukan lubang ventilasi di kedua area tersebut. 

5. Rumah Terasa Lebih Nyaman

Tak hanya mengkonsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga, karena faktor lingkungan yang tidak sehat bisa menjadi alasan kenapa penghuni rumah lebih sering terjangkit suatu penyakit. Bukan hanya masalah kebersihan, namun lebih kepada kualitas udara yang dianggap buruk bisa meningkatkan resiko terserang penyakit menular. Bahkan tak jarang, penyebaran virus dan bakteri yang terlalu cepat berhujung pada kematian.

Walaupun tampak sepele, sebenarnya peran lubang ventilasi cukup besar bagi keberlangsungan hidup bagi para penghuni rumah. Menambahkannya di area yang tepat, maka manfaat yang bisa didapatkan akan berlipat ganda. Tubuh menjadi lebih sehat dan segar, rumah yang ditambahkan dengan interior rumah minimalis ini akan terasa lebih nyaman dan segar. Menjadi salah satu elemen penting yang harus ada di setiap hunian, ventilasi menghadirkan segudang manfaat bagi para penghuninya. Selain menghadirkan udara sejuk, ventilasi membuat pertukaran udara di dalam rumah berjalan lancar. Bahkan dapat dikatakan bahwa penambahan ventilasi ini, mampu mengurangi kelembapan ruangan. Sebab udara yang terlalu lembab, ditakutkan akan merusak berbagai properti hunian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *